Materi Tentang IMK

Interaksi Manusia dan Komputer

1. Pengertian

Interaksi Manusia – Komputer (IMK) / Human Computer Interaction (HCI) merupakan suatu disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau interaksi diantara pengguna dengan sistem.

Sistem tersebut meliputi :
  • Sistem pada computer
  • Sistem yang digunakan pada kehidupan sehari – hari, misalnya : kenderaan, peralatan rumah tangga dan sebagainya.

Peran / tujuan utama IMK
  1. Menghasilkan sebuah sistem yang mudah digunakan, nyaman, efektif dan efisien.
  2. Memudahkan manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik selama bekerja pada sebuah sistem komputer.
Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer :
  1. untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan    ramah dengan penggunanya (user friendly).
  2. Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan.  Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu. 
Contoh-contoh diatas merupakan beberapa hal mengapa kita membutuhkan mempelajari Interaksi Manusia dan Komputer.
Kita butuh Interaksi manusia komputer adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. serta dapat membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.
Upayakan untuk konsistensi.
  • urutan tindakan yang konsisten harus diminta dalam situasi yanmirip.
  • terminologi identik harus digunakan pada prompt, menu, dan membantu layar.
  • warna yang konsisten, tata letakkapitalisasi, font, dan sebagainya harus digunakan seluruhnya.

Memungkinkan pengguna sering untuk menggunakan jalan pintas
  • untuk meningkatkan laju singkatan menggunakan interaksi, tombol khusus, perintah tersembunyi, dan makro.

Penawaran informatif umpan balik
  • untuk setiap tindakan pengguna, sistem harus merespon dalam beberapa cara (dalam desain web, hal ini dapat dicapai dengan DHTML - misalnya, tombol akan membuat suara klik atau mengubah warna saat diklik untuk menampilkan sesuatu yang pengguna telah terjadi).

Desain dialog untuk menghasilkan penutupan.
  • Urutan tindakan harus diatur ke dalam kelompok dengan awal, tengah, dan akhir. Umpan balik yang informatif pada penyelesaian sekelompok pengguna tindakan menunjukkan aktivitas mereka telah selesai dengan sukses.

Penawaran kesalahan pencegahan dan penanganan kesalahan sederhana.
  • desain bentuk sehingga pengguna tidak dapat membuat kesalahan serius, misalnya, lebih memilih pilihan menu untuk membentuk mengisi dan tidak mengizinkan karakter abjad di bidang entri numerik.
  • jika pengguna melakukan kesalahan, instruksi harus ditulis untuk mendeteksi kesalahan dan menawarkan instruksi sederhana, konstruktif, dan khusus untuk pemulihan.
  • segmen panjang formulir dan mengirimkan bagian terpisah, sehingga pengguna tidak dikenakan sanksi karena harus mengisi formulir lagi - tapi pastikan Anda menginformasikan kepada user bahwa beberapa bagian yang dating.

  • Pengguna yang berpengalaman ingin bertanggung jawab. Mengejutkan sistem tindakan, urutan membosankan data, ketidakmampuan untuk memasukan atau kesulitan dalam mendapatkan informasi yang diperlukan, dan ketidakmampuan untuk menghasilkan tindakan yang diinginkan semua membangun kecemasan dan ketidakpuasan.
  

Model IMK melibatkan 3 komponen yaitu :
Ø  Pengguna
Ø  Interaksi
Ø  Sistem

Sub bidang studi interaksi manusia dengan komputer
Ada tiga sub-bidang studi yang berhubungan dengan interaksi dengan komputer :
  1. Ergonomi dimana interaksi manusia-komputer berkaitan dengan bentuk  fisik dari mesin.
  2. Faktor manusia berkaitan dengan masalah- masalah psikologis.
  3. Interaksi manusia dan komputer mengkaji bagaimana  hubungan hubungan  yang  terjadi antar ilmu komputer desain terkait dengan manusia  dengan komputer.
bagi para perancangnya alat fisik interaksi antarmuka komputer sering diuji, sehingga memungkinkan pertukaran informasi.
Beberapa aspek yang menjadi fokus dalam perancangan sebuah antarmuka adalah :
Ø  Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah Antarmuka.
Ø  Metode implementasi antarmuka.
Ø  Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka.
Ø  Pengembangan antarmuka baru.
Ø  Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru.

Kunci utama IMK adalah daya guna (usability) :
Ø  Sistem harus mudah dioperasikan
Ø  Sistem mudah dipelajari
Ø  Memberi kenyamanan kepada pengguna
Definisi dari Interaksi Manusia Komputer :


  1. Sekumpulan proses, dialog dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer.
  2. Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena – fenomena di sekitar manusia itu sendiri.
  3. Suatu studi ilmiah tentang masyarakat di dalam lingkungan kerjanya.

2 komentar: