Interaksi Manusia dan Komputer
1. Pengertian
Interaksi
Manusia – Komputer (IMK) / Human Computer Interaction (HCI) merupakan suatu
disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau interaksi diantara pengguna dengan
sistem.
Sistem tersebut meliputi :
- Sistem pada computer
- Sistem yang digunakan pada kehidupan sehari –
hari, misalnya : kenderaan, peralatan rumah tangga dan sebagainya.
Peran /
tujuan utama IMK
- Menghasilkan
sebuah sistem yang mudah digunakan, nyaman, efektif dan efisien.
- Memudahkan
manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik
selama bekerja pada sebuah sistem komputer.
Tujuan
utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer :
- untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan
komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia
bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka manusia
dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat
bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user
friendly).
- Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer
lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang
pengguna yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada
komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik
sesuatu.
Contoh-contoh
diatas merupakan beberapa hal mengapa kita membutuhkan mempelajari Interaksi
Manusia dan Komputer.
Kita
butuh Interaksi manusia komputer adalah agar kita lebih cepat dalam
menyelesaikan suatu pekerjaan. serta dapat membuat waktu pengerjaannya lebih
cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.
Upayakan
untuk konsistensi.
- urutan
tindakan yang konsisten harus diminta dalam situasi yang mirip.
- terminologi identik harus
digunakan pada prompt, menu, dan membantu layar.
- warna
yang konsisten, tata
letak, kapitalisasi,
font, dan sebagainya harus digunakan seluruhnya.
Memungkinkan
pengguna sering untuk menggunakan jalan pintas
- untuk
meningkatkan laju singkatan menggunakan interaksi, tombol khusus, perintah tersembunyi, dan makro.
Penawaran informatif umpan
balik
- untuk
setiap tindakan pengguna, sistem harus merespon dalam beberapa cara (dalam
desain web, hal ini dapat dicapai dengan DHTML - misalnya, tombol akan
membuat suara klik atau mengubah warna saat diklik untuk menampilkan
sesuatu yang pengguna telah terjadi).
Desain
dialog untuk menghasilkan penutupan.
- Urutan
tindakan harus diatur ke dalam kelompok dengan awal, tengah, dan akhir.
Umpan balik yang informatif pada penyelesaian sekelompok pengguna tindakan
menunjukkan aktivitas mereka telah selesai dengan sukses.
Penawaran
kesalahan pencegahan dan penanganan kesalahan sederhana.
- desain
bentuk sehingga pengguna tidak dapat membuat kesalahan serius, misalnya,
lebih memilih pilihan menu untuk membentuk mengisi dan tidak mengizinkan
karakter abjad di bidang entri
numerik.
- jika
pengguna melakukan kesalahan, instruksi harus ditulis untuk mendeteksi
kesalahan dan menawarkan instruksi sederhana, konstruktif, dan khusus
untuk pemulihan.
- segmen
panjang formulir dan mengirimkan bagian terpisah, sehingga pengguna tidak
dikenakan sanksi karena harus mengisi formulir lagi - tapi pastikan Anda
menginformasikan kepada user bahwa beberapa bagian yang dating.
Dukungan internal lokus kontrol
- Pengguna
yang berpengalaman ingin bertanggung jawab. Mengejutkan sistem
tindakan, urutan membosankan data, ketidakmampuan untuk memasukan atau
kesulitan dalam mendapatkan informasi yang diperlukan, dan ketidakmampuan
untuk menghasilkan tindakan yang diinginkan semua membangun kecemasan dan
ketidakpuasan.
Model IMK
melibatkan 3 komponen yaitu :
Ø
Pengguna
Ø
Interaksi
Ø Sistem
Sub
bidang studi interaksi manusia dengan komputer
Ada tiga
sub-bidang studi yang berhubungan dengan interaksi dengan komputer :
- Ergonomi dimana
interaksi manusia-komputer berkaitan dengan bentuk fisik dari mesin.
- Faktor manusia berkaitan dengan masalah- masalah
psikologis.
- Interaksi manusia dan komputer mengkaji bagaimana hubungan hubungan yang terjadi antar ilmu komputer desain terkait
dengan manusia dengan
komputer.
bagi para
perancangnya alat fisik interaksi antarmuka komputer sering diuji, sehingga
memungkinkan pertukaran informasi.
Beberapa
aspek yang menjadi fokus dalam perancangan sebuah antarmuka adalah :
Ø Metode implementasi antarmuka.
Ø Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka.
Ø Pengembangan antarmuka baru.
Ø Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau
teori dari sebuah antarmuka baru.
Kunci
utama IMK adalah daya guna (usability) :
Ø
Sistem
harus mudah dioperasikan
Ø
Sistem
mudah dipelajari
Ø
Memberi
kenyamanan kepada pengguna
Definisi dari Interaksi Manusia Komputer :
- Sekumpulan
proses, dialog dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan
berinteraksi dengan komputer.
- Suatu
disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan
implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan
mempertimbangkan fenomena – fenomena di sekitar manusia itu sendiri.
- Suatu
studi ilmiah tentang masyarakat di dalam lingkungan kerjanya.
Terimakasih.. ini sangat membantu..
BalasHapusblog yang sangat menarik.
mantapp, terimma kasih sangat membantu
BalasHapus